Menu Dropdown

Ayo!, Lestarikan Budaya Indonesia Melalui Tarian Tradisional




Image result for tari tradisional sebagai salah satu cara melestarikan budaya indonesia

1. Apakah benar, kalau tari tradisional adalah salah satu cara untuk melestakikan budaya indonesia?

Related image
          Faktanya memang benar kalau tari tradisional adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya Indonesia. Indonesia yang terkenal akan kekayaan alam serta keragaman budayanya sudah hampir sirnah karena masuknya budaya-budaya asing, di perparah lagi dengan generasi muda indonesia yang sekarang jauh lebih menggandrungi dance modern ketimbang tari tradisional, dengan dalih kalau tari tradisional itu memiliki gerakan yang gemulai dan sulit untuk di pelajari.
          Padahal tari tradisional tidaklah sesulit seperti yang mereka kira, hanya saja minat mereka untuk belajarlah yang tak ada. Miris memang. Namun masih ada beberapa pemuda/pemudi yang mau mempelajari tari tradisional, itu adalah permulaan yang bagus untuk melestarikan budaya kita, keragaman tari dan budaya kita. Maka dari itu sebagai generasi muda indonesia kita pun harus ikut melestarikan budaya Indonesia, keragaman indonesia harus kita pertahankan, jangan biarkan budaya asing mengikis kebudayaan serta keragaman indonesia.

2. Masihkan Indonesia menjadi negara yang kaya akan keberagaman?
Image result for keberagaman indonesia
          Masihkan Indonesia menjadi degara yang kaya akan keberagaman??, yakinkah kalian kalau Indonesia kita ini masih menjadi dengara yang beragam?. tetu saja masih,  Indonesia kita ini adalah negara yang begitu kaya akan keberagaman, tak percaya??, maka cobalah hitung, berapa banyak suku yang ada di indonesia, beraneka ragam budaya dan tarian adat masih bisa kita lihat, entah itu dalam pentas seni atau upadara adat, serta tarian adat yang biasa di gunakan untuk menyambut kedatangan tamu, namun hanya saja melihat tak akan cukup untuk melestarikan budaya kita, kita pun perlu mempelajarinya, tak ada yang memaska untuk memmpelajarinya.
         Cukup tumbuhkan rasa perdulimu akan budaya kita, jangan biarkan budaya bahkan tarian kita di akui negara lain. tentu kalian tidak lupa kan dengan alat musik tradisional bernama angklung??, angklung adalah alat musik sunda yang sudah mendunia, telah banyak yang mengakui kepiawaian Indonesia dalam keragaman alat musik dan tari tradisional.

3. Tari tradisional menjadi salah satu aset bangsa yang berharga, Apakah iya?
Image result for reog ponorogo cartoon
          Masih ingatkah kalian dengan ganbar tarian di atas??, ya, itu Reog Ponorogo. kisah asal-usul tentang tarian Reog Ponorogo sudah tak asing lagi di telinga kita. Namun, pernahkah kalian mendengar tentang kabar negara tetangga kita yang mengakui tari Reog Ponorogo adalah miliknya. Itu adalah bukti betapa berharganya budaya kita di mata negara lain, apakah kita sendiri tak tergerak sedikitpun, untuk melestarikan bidaya kita?, apakah kita akan membiarkan kejadian itu terulang lagi?
          memang sulit untuk menumbuhkan rasa perduli kita terhadap budaya bangsa, namun jika kalian terus saja ragu dan hanya mengatakan "Ah, itu sulit!" maka mau sampai kapan generasi muda akan menjadi orang yang tidak mencintai warisan budaya bangsa, tumbuhkan rasa cinta kalian terhadap budaya kita, ayo lestarikan keragaman budaya Indonesia!.

4. Generasi muda yang bertujuan untuk melestarikan budaya?
Image result for generasi muda cartoon ver
          Generasi muda yang bertujuan melestarikan budaya Indonesia?, Beranikah kalian mewujutkanya?. jangan pernah menjadikan perbedaan sebagai hambatan, jangan biarkan perbedaan suku bangsa dan ras memecah belah persatuan indonesia. jadikanlah perbedaan sebagai bukti keberagaman kita, dengan persatuan generasi muda yang bertujuan melestariakn budaya bangsa, itu akan membuat kita semakin mudah melestakikan bidaya Indonesia, di tambah dengan rasa solidaritas dan keperdulian akan tradisi, maka kita akan berhasil mewujutkan indonesia yang kaya akan budaya.
         Tak perlu tergesa-gesa, pelahan tapi pasti, ketika rasa perduli itu ada, maka kita bisa dengan mudah melestarikan keberagaman budaya kita. Jadilah generasi muda yang cinta akan budaya dan tanah air, jangan biarkan budaya indonesia menghilang karena tergeser oleh budaya asing.

By: Elisa Syinta Maharani
With: LKP Siwa Nata Raja
thumbnail Title: Ayo!, Lestarikan Budaya Indonesia Melalui Tarian Tradisional
Posted by:Siwa Nata Raja
Published :2018-07-18T18:51:00-07:00
Rating: 4.9
Reviewer: 100 Reviews
Ayo!, Lestarikan Budaya Indonesia Melalui Tarian Tradisional http://siwanataraja.blogspot.com/2018/07/ayo-lestarikan-budaya-indonesia-melalui.html.