Menu Dropdown

Mengajarkan Cinta Budaya Tanah Air dengan Cara yang Menyenangkan

   Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat memudahkan siapapun untuk mengakses informasi apapun dan dari manapun. Salah satu "hasil" dari perkembangan teknologi saat ini yaitu masuknya budaya-budaya negeri asing ke dalam negeri dengan sangat mudah. Satu sisi, mudahnya akses mengetahui budaya dari negeri asing bersifat positif, yaitu dapat menambah wawasan tentang budaya-budaya negeri lain dari seluruh dunia kemudian mengapresiasinya.
Tetapi, jika tidak bijak dalam menyikapinya, maka dampak yang didapat cukup mengkhawatirkan. Sasaran paling rawan akan hal ini yaitu generasi muda, yang umumnya masih mudah terpengaruh dengan hal-hal baru. Dimulai dengan melihat untuk pertama kali, kemudian merasa tertarik, lalu mulai mencari-cari, dan akhirnya mulai mendalami budaya dari negara lain. Hal itu bagus jika diimbangi dengan wawasan dan rasa cinta terhadap budaya negeri sendiri, karena semata-mata hanya bertujuan untuk mengapresiasi. Namun, hal ini menjadi beresiko jika tidak diimbangi dengan wawasan dan rasa cinta pada budaya negeri sendiri. Diawali rasa ingin tahu, kemudian berubah menjadi rasa terlalu mencintai budaya dari negara lain dikarenakan kurangnya wawasan mengenai budaya negeri sendiri.
   Wawasan dan rasa cinta pada budaya dalam negeri sebaiknya mulai ditanamkan sejak dini. Hal ini untuk menghindari mudah terpengaruhnya anak-anak oleh budaya-budaya asing yang mulai "mejajah" negeri sendiri. Sehingga, Bangasa Indonesia memiliki generasi penerus untuk melestarikan dan mengembangkan budaya-budaya yang ada di dalam negeri. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengenalkan budaya dalam negeri kepada anak-anak, salah satunya yaitu lewat tarian tradisional. Tarian tradisional merupakan salah satu simbol yang mewakili keluruhuran dan kearifan budaya Indonesia. Secara langsung dan tidak langsung, tarian tradisional menggambarkan ciri khas dari masing-masing budaya yang ada di Indonesia. Melalui tarian, anak-anak dapat mengekspresikan perasaan dengan cara yang positif. Sanggar Tari Bali Siwa Nata Raja merupakan salah satu lembaga kursus dan pelatihan tari Bali di Yogyakarta yang menjadi wadah bagi anak-anak dan masyarakat untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Juga sebagai sarana mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak dan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada masyarakat dengan cara yang menyenangkan.

 Gerak dasar Tari Bali

 Gerak dasar Tari Bali





thumbnail Title: Mengajarkan Cinta Budaya Tanah Air dengan Cara yang Menyenangkan
Posted by:Unknown
Published :2017-02-01T00:03:00-08:00
Rating: 4.9
Reviewer: 100 Reviews
Mengajarkan Cinta Budaya Tanah Air dengan Cara yang Menyenangkan http://siwanataraja.blogspot.com/2017/02/mengajarkan-cinta-budaya-tanah-air.html.